Home / Renovasi Rumah / Tips Menghemat Biaya Renovasi Rumah

Tips Menghemat Biaya Renovasi Rumah

Tips Menghemat Biaya Renovasi Rumah
Tips Menghemat Biaya Renovasi Rumah

Mungkin saat ini Anda sedang berfikir untuk merenovasi rumah Anda dengan pertimbangan usia anak yang saat ini sedang beranjak remaja hingga membutuhkan kamar tidur sendiri dengan ukuran yang lebih luas, akan tetapi bayangan akan mahalnya biaya yang diperlukan sering menjadi kendala dalam upaya menghemat biaya renovasi rumah Anda.

Oleh karena itu, sebelum Anda melakukan renovasi rumah, alangkah baiknya bila dipertimbangkan dulu dan dipikirkan masak-masak hal-hal terkait biaya renovasi rumah. Anda sebaiknya menghitung dengan cermat jumlah biaya yang diperlukan agar rencana renovasi rumah Anda lancar dan tidak sampai berhenti di tengah jalan.

Tips Menghemat Biaya Renovasi Rumah

Tidak ada salahnya bila Anda mencoba beberapa tips melakukan renovasi rumah yang berguna untuk menghemat biaya renovasi rumah berikut di bawah ini:

  • Buat skala prioritas

Skala prioritas diperlukan untuk menyesuaikan ketersediaan dana dengan kepentingan renovasi rumah yang paling besar/paling dibutuhkan. Sebagai contoh, pada musim hujan lebih baik mendahulukan perbaikan atap daripada penambahan kamar.

  • Perhatikan kondisi fisik bangunan

Kondisi fisik dan struktur bangunan lama rumah Anda perlu dipertimbangkan dan dicermati agar renovasi rumah yang akan dilakukan lebih efektif, dengan demikian target untuk menghemat biaya renovasi rumah Anda akan dapat tercapai. Salah satu hal yang terkait dengan kondisi bangunan lama adalah struktur bangunan, misalnya; bila Anda ingin menambah jumlah lantai, apakah struktur lama sanggup menopang berat dan beban material di atasnya atau tidak.

  • Jaringan listrik dan air

Pelajari tata letak jaringan listrik dan instalasi air bersih maupun air kotor di rumah Anda. Dengan demikian Anda akan dapat mengantisipasi kerusakan dan pemborosan biaya yang lebih besar, khususnya jika renovasi rumah yang akan dilakukan termasuk dalam kategori besar yang mengharuskan membongkar dinding, plafond, atau atap. Jaringan listrik dan instalasi air ini akan membutuhkan penanganan yang khusus.

  • Sirkulasi udara

Demi kenyamanan dan kesehatan seluruh penghuni rumah, sirkulasi udara dalam rumah harus dirancang sedemikian rupa. Tentunya dengan sirkulasi udara yang baik, ruangan-ruangan dalam rumah Anda akan terasa lebih nyaman, sejuk, dan mengurangi kebutuhan akan pendingin udara seperti kipas angin listrik atau AC yang tentunya berpengaruh pada pengurangan biaya pemakaian listrik disamping juga lebih menghemat biaya renovasi rumah.

  • Selaraskan gaya hidup dengan kebutuhan

Gaya hidup erat kaitannya dengan biaya. Semakin tinggi selera dan gaya hidup, maka biaya yang dibutuhkanpun akan lebih besar untuk memenuhinya. Karena itu, bicarakan dan diskusikan dengan seluruh anggota keluarga Anda agar renovasi rumah yang dilakukan dapat disesuaikan dengan tujuan yang lebih utama dan mampu mengakomodasi kebutuhan semua penghuninya.

  • Berhati-hatilah memilih jasa kontraktor rumah Anda

Gunakan jasa kontraktor renovasi rumah yang profesional, jujur, dan dapat dipercaya, agar Anda dapat lebih tenang dalam mengatur dana yang tersedia dan agar dapat diperoleh hasil renovasi yang lebih memuaskan serta dapat menghemat biaya renovasi rumah Anda. Anda dapat membaca artikel tips memilih kontraktor yang baik yang pernah kami publikasikan.

Semoga tips-tips di atas berguna bagi Anda yang ingin menghemat biaya renovasi rumah.

About admin

Check Also

Renovasi Rumah Hemat, Merenovasi Rumah Tanpa Kebobolan

Renovasi Rumah Hemat, Merenovasi Rumah Tanpa Kebobolan

Apakah Anda berencana untuk melakukan renovasi rumah kesayangan Anda dengan biaya renovasi rumah hemat? Bila …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *