Home / Desain Interior / Tips Memilih Rak Dapur

Tips Memilih Rak Dapur

Tips Memilih Rak Dapur
Tips Memilih Rak Dapur

Kita memiliki rumah yang tentu ada sebuah ruangan yang disebut dapur dimana dapur merupakan tempat kita untuk  memasak  dan berkreasi dalam membuat sebuah makanan. Di dalam daur kita mempunyai lemari dapur yang berguna sebagai penyimpan alat alat makan atau alat alat masak dimana sangat dibutuhkan bagi anda yang memiliki banyak perlengkapan serta peralatan masak. Dimana pada dasarnya lemari dapur memiliki bentuk yang berbeda sesuai dengan kemauan sang pemiliknya, karena  lemmari dapur ini memiliki berbagai rak  maka ada baiknya rak tersebut harus sesuai dengan fungsi sesungguhnya maka dari itu perlu adanya tips memilih rak dapur. Dimana pemilihan rakdapur ini penting sebagai orang yang sangat senang dan hobi mengatur alat secara rapi.

Peran rak didalam sebuah dapur begitu penting adanya sebab rak tersebut bisa menjadi tempat menyimpan aneka perabot, peralatan makan dan memasak, makanan, sembako, bahkan bahan kimia pembersih. Dari keaneka  ragaman barang barang tersebut maka jelas sekali kita membutuhkan tempat atau rak penyimpanan yang keadaannya terpisah. Ini bertujuan agar dapur sebagai tempat mengolah makanan, juga perabotan dan bahan makanan, selalu bersih dan higienis sehingga terhindar dari kontaminasi benda berbahaya.

Berikut beberapa tips memilih rak dapur yaitu sebagai berikut ini :

1. Renovasi

Jika anda melakukan renovasi rak kabinet dapur sebaiknya tidak gegabah atau terburu buru, Pertimbangkan model rak cabinet anda, ukuran, dan berapa tersedianya pintu dan lubang ventilasi. Akan lebih baik jika anda bertanya kepada desainer interior guna membuatnya jadi lebih praktis. tips memilih rak dapur dapat anda dapat juga dengan bertanya pada desainer interior.

2. Ventilasi

Lubang ventilasi dapat ditempatkan pada bagian belakang atau samping rak dapur. Bentuk lubang tersebut bisa membentuk lingkaran atau kotak. Pilihannya bisa sesuai selera dan posisi rak dapur anda yang ada di dapur. Yang harus diingat adalah lubang itu sebaiknya ditutup kawat kasa agar tidak menjadi pintu masuk bagi binatang pengerat atau serangga pengganggu yang akan membuat makanan yang anda simpan di gerogoti dan penghalang masuknya bakteri atau virus dari hewan.

3. Rak terbuka (tanpa pintu)

Jika anda membuat rak terbuka maka mudah dihinggapi oleh debu, kotoran, dan minyak. Sebaiknya  anda perlu membersihkan rak secara berkala. Minimal seminggu sekali sebab kebershan merupakan kesehatan, jika diabaikan, maka rak anda akan kotor dan tidak sehat sehingga menjadi sarang penyakit.

Sebenarnya Rak dapur ini harus disesuaikan dengan karakter barang yang akan anda simpan agar fungsi rak menjadi lebih optimal dengan kata lain rak akan sangat berguna jika memang cocok dengan barang yang akan disimpan bukan hanya sekedar sebagai pajangan namun dapat juga berguna lainn. Untuk penempatan sebuah rak maka rak di dalam cabinet di bawah meja dapur lebih sesuai apabila digunakan sebagai tempat penyimpanan perabot atau peralatan memasak dan menyimpan persediaan sembako seperti beras. Dilakukan untuk mempermudah akses anda dan menjaga kebersihan dari rak tersebut, dan yang terpenting dalam tips memilih rak dapur adalah rak sebaiknya mempunyai pintu dan ventilasi.

Jika anda menggunakan rak sebagai tempat menyimpan perangkat dan bahan makanan maka  tips memilih rak dapur yaitu pilihan bahan material cabinet yang sesuai standar yaitu raknya harus memenuhi standar keindahan, kebersihan, dan kesehatan dimana seharusnya rak terbuat dari material yang tepat sehingga tidak hanya membuat rak cabinet dapur terlihat cantik, namun juga higienis. Material rak, bisa di samakan dengan material kitchen set secara keseluruhan. Dimana Material yang ditempatkan dalam dapur biasanya sudah sesuai dengan standar sehat, namun untuk rak khusus, seperti rak penyimpan piring, sendok, perabot, serta sembako, sebaiknya pilih material yang lebih sehat karena material tersebut  bergesekan langsung dengan barang barang yang bersentuhan langsung dengan tubuh kita.

Jika pilihan material rak tersebut adalah logam, maka pilihlah logam yang tidak mudah berkarat atau luntur. Jika materialnya terbuat dari kayu, maka pastikan rak itu tidak mudah lembab demi mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri  sebab jamur dan bakteri tersebut akan membuat kita terkena penyakit jika tercampur kedalam mmakanan.

About admin

Check Also

Menata Lemari Dapur Agar Efisiensi

Menata Lemari Dapur Agar Efisiensi

Dapur adalah suatu tempat yang memiliki banyak keuntungan di dalam suatu rumah. Dapur juga memiliki …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *